• Media
    MEDIA

    Wärtsilä di Indonesia

'Wärtsilä Mobile LNG' akan meluncurkan pembangkit listrik tenaga LNG berskala kecil dan menengah

Siaran pers niaga 27 Oktober 2015 at 09.00 UTC+2

Wärtsilä memperkenalkan konsep penyimpanan dan regasifikasi LNG (gas alam cair) baru di atas kapal tongkang. Solusi inovatif ini menyediakan sarana fleksibel untuk memenuhi kebutuhan skala kecil hingga menengah apabila pilihan LNG berbasis darat begitu terbatas. Wärtsilä memadukan pengalaman bisnis dibidang Solusi Kelautan dan Solusi Energi untuk mengembangkan konsep ini. Inovasi terbaru dari Wärtsilä ini akan dipresentasikan di konferensi dan pameran Gastech yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 - 30 Oktober di Singapura.
Wärtsilä Mobile LNG mudah dipadukan dengan pembangkit tenaga listrik terapung dengan kapasitas hingga 250 MW. Solusi ini juga dapat digunakan untuk memasok pembangkit tenaga listrik berbasis darat konvensional. Solusi Wärtsilä Mobile LNG akan menyediakan LNG kepada segmen pelanggan baru serta memberikan keuntungan bagi utility dan pengguna lainnya. Keunggulan utama solusi ini adalah kemampuannya yang tidak tergantung pada lokasi, sehingga dapat menghadirkan energi bersih ke area yang hanya memiliki akses terbatas atau tidak memiliki akses ke jaringan listrik nasional.
"Solusi Wärtsilä mendukung seluruh rantai bisnis gas (value chain), mulai dari pengeboran dan produksi, hingga distribusi, pencairan gas, regasifikasi, penyimpanan, dan pembangkit tenaga listrik. Inovasi terbaru ini menjadi salah satu langkah penting untuk melengkapi penawaran infrastruktur kami. Sebagian besar fasilitas yang ada saat ini memiliki kelengkapan untuk pengguna berskala lebih besar, sedangkan Wärtsilä Mobile LNG menawarkan pilihan yang fleksibel dan dinamis untuk kebutuhan kecil hingga menengah," ungkap Timo Koponen, Wakil Direktur Utama, Solusi Aliran dan Gas, Solusi Kelautan Wärtsilä.
Wärtsilä Mobile LNG dikembangkan untuk lokasi sulit yang tidak memungkinkan pemasangan saluran pipa dan terminal LNG berskala besar, atau bila jumlah LNG yang dibutuhkan lebih kecil. Solusi ini ideal di perairan dangkal yang tidak memungkinkan masuknya kapal lebih besar tanpa konstruksi dermaga besar atau pengoperasian mesin keruk. Dibandingkan membangun terminal berbasis daratan konvensional pada kondisi tanah dan area yang sulit dengan infrastruktur yang belum berkembang, biaya investasi (Capex) untuk Wartsila Mobile LNG terapung jauh lebih kecil dan pembuatannya lebih cepat. Selain itu, karena dapat bergerak, sistem ini dapat dengan mudah berpindah lokasi, sehingga memberikan nilai jual kembali yang lebih tinggi.
Link ke informasi lebih lanjut tentang wartsila.com:
Wärtsilä mobile LNG

Kontak media:
Timo Koponen
Wakil Direktur Utama, Solusi Aliran dan Gas
Solusi Kelautan Wärsilä
Telp: +44 7901 118 641
Timo.koponen@wartsila.com  

Marit Holmlund-Sund
Manajer Senior Pemasaran dan Komunikasi, Solusi Kelautan
Wärtsilä Corporation
Telp: +358 10 709 1439
marit.holmlund-sund@wartsila.com

Sekilas tentang Wärtsilä:
Wärtsilä adalah pemimpin dunia dalam solusi tenaga listrik daur masa pakai penuh untuk pasar kelautan dan energi. Dengan fokus utama pada inovasi teknologi dan efisiensi total, Wärtsilä memaksimalkan performa kapal dan pabrik bersistem pembangkit tenaga listrik milik pelanggannya dari sisi lingkungan dan ekonomi.
Pada tahun 2014, total penjualan bersih Wärtsilä mencapai EUR 4,8 miliar yang didukung kurang lebih oleh 17.700 karyawan. Perusahaan ini telah beroperasi di lebih dari 200 lokasi di hampir 70 negara di seluruh dunia. Wärtsilä terdaftar di NASDAQ OMX Helsinki, Finlandia.
www.wartsila.com