MEDIA

Wärtsilä di Indonesia

Proyek pembangkitan listrik Wärtsilä di Indonesia dengan pembiyaan Kredit Ekspor Finlandia

Wärtsilä Corporation
  • Siaran pers
22 Januari 2014 at 11:00 E. Europe Standard Time

Standard Chartered Bank telah menandatangani fasilitas pinjaman berjangka waktu 12 tahun sebesar EUR 160 juta dengan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN), perusahaan listrik negara Indonesia. Pinjaman tersebut akan digunakan untuk membiayai dua proyek pembangkit listrik tenaga gas PLN, yang termasuk pengadaan 35 mesin bertenaga gas Wärtsilä 34SG. Finnvera, badan kredit ekspor Finlandia (ECA) milik Negara Finlandia, menerbitkan jaminan kredit ekspor atas fasilitas pinjaman tersebut sementara Kredit Ekspor Finlandia, anak perusahaan Finnvera, menyediakan pendanaan untuk kedua proyek tersebut.

Wärtsilä mengumumkan kontrak-kontrak pembangkit listrik pada bulan Oktober 2013. Kedua pembangkit listrik tenaga gas tersebut akan menghasilkan daya mampu total 339 MW dan akan memasok listrik ke lebih dari 150.000 rumah tangga.

Pembangkit listrik 184 MW Arun akan digerakkan oleh 19 mesin Wärtsilä 34SG yang berbahan bakar gas alam cair (LNG). Pembangkit listrik tersebut yang akan dibangun di Lhokseumawe Daerah Istimewa Aceh di bagian utara Sumatra, akan merupakan pembangkit listrik beban puncak dengan mesin tenaga gas terbesar di Indonesia. Listrik yang dihasilkan akan digunakan untuk menstabilkan jaringan.

Pembangkit listrik Bangkanai merupakan pembangkit bermesin tenaga gas 155 MW. Wärtsilä akan memasok 16 mesin Wärtsilä 34SG ke pembangkit listrik tersebut, yang terletak di Bangkanai Kalimantan Tengah di Pulau Kalimantan. Pembangkit listrik tersebut akan memproduksi listrik untuk jaringan Kalimantan.

Nur Pamudji, Direktur Utama PLN berkata: “PLN mempunyai komitmen pada program investasi dalam sektor kelistrikan Indonesia untuk mendukung pembangunan ekonomi negara dan akan terus mengembangkan program investasi tersebut untuk meningkatkan kapasitas dan keandalan dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para pelanggan. PLN bertujuan untuk mengurangi kebergantungan pada bahan bakar minyak dan meningkatkan campuran bahan bakarnya untuk mengurangi biaya produksi sehingga dengan demikian mengurangi subsidi.”

Topi Vesteri, Executive Vice President Finnvera, mengatakan: “Finnvera dan Kredit Ekspor Finlandia siap untuk mendukung alih tekhnologi Wärtsilä kepada PLN. Kedua proyek tersebut merupakan transaksi penting bagi perusahaan Finlandia yang akan mengekspor mesin gas dari Vaasa, Finlandia. Pembangkit listrik baru akan meningkatkan kapasitas pembangkitan listrik dan mendukung pembangunan di masing-masing wilayah mereka. Komitmen Finnvera di Indonesia telah menjadi hampir dua kali lipat selama tahun 2013, dan kami berharap dapat melihat beberapa proyek baru yang menarik di negara tersebut yang memberikan peluang-peluang pertumbuhan kepada para eksportir Finlandia.”

Torsten Richter, Kepala Pembiayaan Ekspor Eropa, Standard Chartered Bank, mengatakan: “Kami bangga dapat memainkan peran kunci dalam mendukung PLN dan Wärtsilä menambah kapasitas pembangkitan listrik di Indonesia. Semua transaksi ini menunjukkan strategi dan keakhlian terpusat klien kami dalam mendukung para klien yang akan berinvestasi di Indonesia, negara penting dalam pasar yang kami tangani.”

Markus Pietikäinen, Vice President, Group Treasury & Financial Services, Wärtsilä, menambahkan: “Kami merasa senang dapat mendukung PLN mengakses pembiayaan kredit ekspor yang bersaing, yang memperbesar solusi pembangkit listrik Wärtsilä. Baik Finnvera maupun Standard Chartered merupakan mitra pembiayaan pelanggan yang penting bagi kami dan kami senang dengan dukungan mereka terhadap pelangan jangka panjang kami PLN.”

Siaran Pers Wärtsilä Press tanggal 21 Oktober 2013: Wärtsilä akan memasok pembangkit listrik beban puncak 184 MW ke Indonesia

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi:

Markus Pietikäinen
Vice President, Group Treasury and Financial Services
Wärtsilä Corporation.
Tel: +358 10 709 5630
markus.pietikainen@wartsila.com

Tuula Franck
Senior Manager, Media & Stakeholder Relations
Wärtsilä Corporation
Tel: +358 400 267555
Tuula.franck@wartsila.com

Sekilas tentang Wärtsilä

Wärtsilä adalah perusahaan terkemuka dunia dalam solusi listrik daur masa pakai penuh (complete lifecycle power solutions) untuk keperluan pasar bahari dan energi. Dengan penekanan pada inovasi tekhnologi dan efisiensi total, Wärtsilä memaksimalkan kinerja lingkungan dan keekonomian bejana dan pembangkit listrik para pelanggannya. Pada tahun 2012, Wärtsilä membukukan penjualan bersih EUR 4,7 miliar dengan kira-kira 18.900 karyawan. Perusahaan beroperasi di hampir 170 lokasi di 70 negara di seluruh dunia. Wärtsilä tercatat di NASDAQ OMX Helsinki, Finlandia.
www.wartsila.com

Sekilas tentang PLN

PLN adalah perusahaan listrik negara di Indonesia yang sepenuhnya dikuasai Pemerintah Indonesia. PLN mempunyai 11 anak perusahaan langsung, termasuk 5 anak perusahaan yang menangani pembangkitan listrik atau pasokan listrik terpadu. Anak perusahaan langsung lainnya menangani bidang-bidang usaha lain yang mendukung semua operasi tersebut. Sebagai perusahaan utilitas terpadu, PLN memiliki dan mengelola sisi pembangkitan, transmisi dan distribusi di seluruh Indonesia.

Dewasa ini, PLN menguasai hampir 37 GW termasuk sewa kapasitas pembangkitan atau 83% kapasitas total pembangkitan listrik Indonesia. Sejak November 2013, jumlah keseluruhan pelanggan PLN mencapai 53.5 juta dan masih terdapat banyak ruang untuk tumbuh mengingat perbandingan pelistrikan masih di bawah 80% dengan harapan pertumbuhan tahunan kelistrikan lebih dari 8%.
Dengan 48.000 karyawan, PLN berkomitmen untuk melayani para pelanggannya di seluruh Indonesia, mengurangi kebergantungannya pada bahan bakar minyak, menurunkan biaya produksi dan juga memasukkan lebih banyak energi yang terbaharukan ke sistem.

Sekilas tentang Finnvera and Kredit Ekspor Finlandia (Finnish Export Credit)

Finnvera dan anak perusahaannya Kredit Ekspor Finlandia (FEC) merupakan badan Kredit Ekspor (ECA) resmi Finlandia. Finnvera menawarkan portepel bersaing jaminan kredit ekspor yang didukung oleh keyakinan penuh dan reputasi Republik Finlandia. FEC menyediakan pembiayaan kredit ekspor dan penyetaraan bunga.

www.finnvera.fi
www.fec.fi

Sekilas tentang Standard Chartered

Standard Chartered adalah grup perbankan terkemuka internasional. Standard Chartered telah beroperasi selama lebih dari 150 tahun di beberapa dari pasar dinamis dunia dan memperoleh sekitar 90 persen pendapatan dan labanya di Asia, Afrika dan Timur Tengah. Fokus geografis dan komitmen pada pengembangan hubungan mendalam dengan para klien dan pelanggan telah mendorong pertumbuhan Bank pada beberapa tahun belakangan ini. Standard Chartered PLC terdaftar di bursa London dan Hong Kong serta Bombay dan National Stock Exchanges di India.
Dengan 1.700 kantor di 70 pasar, Group tersebut menawarkan peluang karir internasional yang menarik dan menantang kepada lebih dari 88.000 orang staf. Standard Chartered berkomitmen untuk membangun usaha berkelanjutan jangka panjang dan menjunjung tinggi standar tinggi pengelolaan perusahaan, tanggung jawab sosial, perlindungan lingkungan hidup dan kebhinekan karyawan. warisan dan nilai Standard Chartered tampak dalam janji mereknya, ‘Here for good’.

www.standardchartered.com.
 

© 2017 Wärtsilä