MEDIA

Wärtsilä di Indonesia

Wärtsilä akan memasok pembangkit listrik beban puncak bertenaga gas 184 MW ke Indonesia

Wärtsilä Corporation
  • Siaran pers
21 Oktober 2013 at 13:00 E. Europe Standard Time

Pembangkit listrik Arun dengan kapasitas operasi 184 MW akan menjadi pembangkit listrik beban puncak bermesin tenaga gas terbesar di Indonesia. Pesanan tersebut lebih memperkuat posisi dan reputasi Wärtsilä sebagai salah satu pemasok dunia terkemuka pembangkit listrik besar bertenaga gas hingga 500 MW. Solusi pembangkit listrik Wärtsilä didasarkan pada tekhnologi mesin bakar modern, yang memberikan keluwesan istimewa dan efisiensi tinggi pada beban berapapun juga. Kesemua fitur unik ini memungkinkan pemanfaatan maksimal sumberdaya energi terbaharukan secara berselang seling, sambil memenuhi semakin tingginya permintaan di saat beban puncak.

Wärtsilä telah diberi kontrak untuk memasok rekayasa dan peralatan pembangkit listrik baru yang sedang dibangun di Indonesia. Proyek tersebut sedang ditangani melalui pola jalur cepat, dan pembangkit tersebut dijadwalkan untuk diserahkan dan beroperasi penuh pada bulan Maret 2015. Kontrak tersebut ditandatangani pada triwulan ketiga tahun 2013.
Pesanan tersebut diajukan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., badan usaha milik pemerintah dan salah satu kontraktor bangunan terbesar di Indonesia, yang membangun pembangkit listrik atas nama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Listrik akan dibangkitkan oleh 19 mesin Wärtsilä 34SG yang berbahan bakar gas alam cair (LNG). Pembangkit listrik tersebut akan dibangun di Lhokseumawe Daerah Istimewa Aceh di bagian utara Sumatra. Listrik yang dihasilkan akan digunakan untuk menstabilkan jaringan. Pembangkit tersebut juga akan memperkuat sistem kelistrikan Daerah Istimewa Aceh untuk menjamin kehandalan pasokan listrik kepada konsumen selama beban puncak.

“Wärtsilä dipilih sebagai pemasok yang lebih diunggulkan oleh konsumen, berdasarkan kemampuan terbukti kami memberikan solusi pembangkit listrik yang bermutu tinggi, sangat efisien dan luwes secara cepat,” kata Sushil Purohit, Direktur Regional Wärtsilä untuk Wärtsilä Power Plants Asia Tenggara & Australia. “Setelah selesai, pembangkit listrik tenaga gas Arun akan mampu memperkuat sistem kelistrikan Aceh dan mendukung upaya PT PLN menyediakan listrik yang handal untuk para konsumen. Proyek penting ini akan lebih meningkatkan kesadaran mengenai efisiensi dan keluwesan solusi pembangkit listrik Wärtsilä di pasar Asia.”

Posisi Wärtsilä kokoh di Indonesia

Ini merupakan kontrak kedua Wärtsilä Power Plants yang diperoleh di Indonesia tahun ini. Yang pertama dibukukan pada triwulan kedua tahun 2013 untuk pembangkit listrik beban puncak mesin gas 155 MW milik PT PLN. Wärtsilä akan memasok 16 mesin Wärtsilä 34SG untuk pembangkit listrik yang terletak di Bangkanai Kalimantan Tengah. Pembangkit listrik tersebut dijadwalkan beroperasi penuh menjelang akhir tahun 2014 dan akan menghasilkan listrik untuk jaringan Kalimantan.

Wärtsilä mempunyai posisi yang kuat di Indonesia, dengan instalasi listrik sekitar 3 GW yang sudah beroperasi. Kesemuanya ini, dan semua instalasi Wärtsilä didukung oleh jaringan layanan global luas perusahaan. Wärtsilä mengadakan perjanjian servis untuk kapasitas pembangkitan lebih dari 350 MW di Indonesia.
Contoh yang sangat tepat mengenai Pembangkitan Listrik secara Bijak
Pembangkit listrik baru 184 MW Arun, yang akan dimanfaatkan untuk menangani permintaan tenaga listrik yang sangat berfluktuasi di daerah tersebut, memberikan gambaran tentang diperlukannya Pembangkitan Listrik secara Bijak. Pembangkitan Listrik secara Bijak (Smart Power Generation) merupakan suatu konsep baru yang memungkinkan sistem listrik yang ada beroperasi pada tingkat efisiensi maksimal dengan menyerap secara efektif perubahan-perubahan beban sistem yang berlaku dan di masa yang akan datang. Pada saat yang sama, konsep tersebut menghasilkan penghematan besar pada tingkat sistem dan, dengan demikian, juga pada tingkat konsumen.
Baca lebih jauh tentang Smart Power Generation (Pembangkitan Listrik secara Bijak)

Baca lebih jauh tentang Wärtsilä gas engines (Mesin gas Wärtsilä)

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi:

Sushil Purohit
Regional Director, South-East Asia & Australia
Wärtsilä Power Plants
sushil.purohit@wartsila.com
Tel. +65 977 13424

 

Tuula Franck
Senior Manager, Media and Stakeholder Relations
Wärtsilä Corporation
tuula.franck@wartsila.com
Tel: +358 400 267555

Sekilas mengenai Pembangkit Listrik Wärtsilä

Wärtsilä Power Plants adalah pemasok besar pembangkit listrik beban dasar fleksibel hingga 500 MW yang beroperasi dengan tenaga gas atau berbagai bahan bakar cair. Wärtsilä Power Plants juga memberikan solusi unik dan dinamik untuk kepentingan stabilitas jaringan, cadangan, beban puncak, beban lanjutan dan pembangkitan listrik secara berselang seling. Wärtsilä menangani lebih dari 100 pembangkit listrik setiap tahunnya. Pada akhir tahun 2012, Wärtsilä menutup kontrak pembangkit listrik terpasang 54 GW di 169 negara di seluruh dunia.

Baca lebih jauh tentang Wärtsilä multi-fuel engines (Mesin multi bahan bakar Wärtsilä)

Sekilas tentang Wärtsilä

Wärtsilä adalah perusahaan terkemuka dunia dalam solusi listrik daur masa pakai penuh (complete lifecycle power solutions) untuk keperluan pasar bahari dan energi. Dengan penekanan pada inovasi tekhnologi dan efisiensi total, Wärtsilä memaksimalkan kinerja lingkungan dan keekonomian bejana dan pembangkit listrik para pelanggannya. Pada tahun 2012, Wärtsilä membukukan penjualan bersih EUR 4,7 miliar dengan kira-kira 18.900 karyawan. Perusahaan beroperasi di hampir 170 lokasi di 70 negara di seluruh dunia. Wärtsilä tercatat di NASDAQ OMX Helsinki, Finlandia.
www.wartsila.com

© 2017 Wärtsilä