MEDIA

Wärtsilä di Indonesia

Wärtsilä menerima pesanan proyek pembangkit listrik besar siap jalan (turnkey) dari Indonesia

Wärtsilä Corporation
  • Siaran pers
17 Januari 2014 at 11:30 E. Europe Standard Time
Pembangkit listrik Pesanggaran Bali dengan daya mampu nominal 200 MW akan menjadi pembangkit listrik bertenaga mesin terbesar di Indonesia. Pembangkit listrik baru tersebut akan lebih menjamin kehandalan pemasokan listrik kepada para konsumen rumah tangga dan industri di pulau Bali. Pesanan tersebut lebih memperkuat posisi dan reputasi Wärtsilä sebagai salah satu pemasok dunia terkemuka pembangkit listrik bertenaga gas dan multi bahan bakar hingga 600 MW. Solusi pembangkit listrik Wärtsilä didasarkan pada tekhnologi mesin bakar modern, yang memberikan fleksibilitas istimewa dan efisiensi tinggi pada beban berapapun juga.

Wärtsilä telah memperoleh kontrak untuk memasok pembangkit listrik bertenaga mesin terbesar di Indonesia. Kontrak siap jalan tersebut diberikan oleh PT Indonesia Power, anak perusahaan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero). Pembangkit listrik tersebut, dengan daya mampu 200 MW, akan dibangun oleh sebuah konsorsium dengan Wärtsilä sebagai mitra utama bersama dengan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PT PP), salah satu kontraktor bangunan terbesar di Indonesia.

Pesanan tersebut diterima pada triwulan keempat tahun 2013. pembangkit listrik tersebut direncanakan dapat dioperasikan sebagian menjelang akhir Desember 2014, dan pada daya mampu penuh menjelang akhir Mei 2015. Tenaga listrik yang dihasilkan akan masuk ke jaringan sub-sistem Bali.

Pembangkit listrik Pesanggaran akan menggunakan tekhnologi mesin bakar modern Wärtsilä, dan akan digerakkan oleh duabelas mesin bahan bakar ganda Wärtsilä 50DF yang lebih mengutamakan penggunaan gas alam. Mesin-mesin tersebut juga dapat menggunakan bahan bakar minyak berat konvesional jika terjadi gangguan pada pasokan gas. Pembangkit listrik baru tersebut diperlukan untuk memenuhi permintaan listrik di pulau Bali. Pembangkit listrik tersebut akan lebih menjamin kehandalan pasokan listrik untuk para konsumen rumah tangga dan industri.

“Sejumlah manfaat besar dari tekhnologi mesin bakar kami untuk aplikasi pembangkit listrik adalah fleksibilitas yang unggul dan efisiensi tinggi dalam beban berapapun. Semua fitur unik ini memungkinkan pemanfaatan maksimum sumber energi secara berselang seling, sambil memastikan adanya pasokan listrik yang siap pakai, handal dan efisien. Konsorsium Wärtsilä PT PP memenangkan tender proyek penting ini, dan pemilihan konsorsium ini didasarkan pada kemampuan terbukti memberikan solusi energi yang bermutu tinggi, sangat efisien dan fleksibel secara cepat,” kata Sushil Purohit, Direktur Regional Wärtsilä untuk Wärtsilä Power Plants Asia Tenggara & Australia.

Posisi Wärtsilä kokoh di Indonesia

Ini merupakan kontrak ketiga Wärtsilä Power Plants yang diperoleh di Indonesia pada tahun 2013, yang semakin memperkokoh posisi Wärtsilä di Indonesia. Hingga saat ini, secara keseluruhan Wärtsilä telah menangani kira-kira 3.500 MW listrik terpasang yang sudah beroperasi dan dalam pelaksanaan di Indonesia. Kesemuanya ini, dan semua instalasi Wärtsilä didukung oleh jaringan layanan global luas perusahaan. Wärtsilä mengadakan perjanjian servis untuk kapasitas pembangkitan lebih dari 350 MW di Indonesia.

For further information please contact:

Sushil Purohit
Regional Director, South-East Asia & Australia
Wärtsilä Power Plants
sushil.purohit@wartsila.com
Tel. +65 977 13424

Tuula Franck
Senior Manager, Media and Stakeholder Relations
Wärtsilä Corporation
tuula.franck@wartsila.com
Tel: +358 400 267555

© 2017 Wärtsilä